BMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang dan Puting Beliung

BMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang dan Puting Beliung

\"\"BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dalam waktu dua hari terakhir, kondisi cuaca di Bengkulu pada pagi hingga siang hari terjadi panas dan cerah. Namun ketika sore hujan selalu turun.

Menurut Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu Kukuh Ribudiyanto MSi, kondisi tersebut pada dasarnya normal. Hanya saja, diakuinya dengan cuaca seperti itu berpotensi angin kencang dan puting beliung.

Sebab itu, kata Kukuh, BMKG memberikan peringatan dini kepada seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu, ada potensi terjadi angin kencang dan puting beliung,

\"Wasapada untuk daerah dataran tinggi, pegunungan rawan terjadi longsor serta puting beliung. Kita itu hujannya seperti di Kota Bengkulu hampir rutin turunnya saat sore dan durasinya hanya sekitar satu sampai dua jam,\" ungkap Kukuh, Rabu (11/12).

Dikatakan Kukuh, sebenarnya suhu cuaca di Provinsi Bengkulu saat ini masih masuk kategori normal. Karena kelembapan tinggi, radiasi matahari tinggi, dan itu tandanya kita memang sudah musim penghujan. Sebelum hujan, suhu agak panas. Hal itu karena radiasi matahari tinggi, sebab uap airnya naik dan kelembapan tinggi.

\"Kalau di Jawa itu ada istilah ketika cuaca mulai gerah, itu tanda mau hujan. Dan memang panas uap airnya naik sehingga panas menjadi lebih terasa, asumsinya keringat kita itu keluar karena ditahan uap air di udara,\" jelasnya.

Saat ini, beberapa daerah di Bengkulu memang sudah merata hujan. Hanya saja ada beberapa daerah kabupaten seperti Bengkulu Utara, di Kota Arga Makmur dalam dua hari terakhir intensitas hujannya cukup tinggi.

\"Hujan itu sudah hampir merata di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu, tapi intensitasnya masih belum begitu tinggi, sedangkan puncak musim hujan itu bulan Januari dan Februari tahun depan,\" paparnya. (HBN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: